Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Optimalkan Rumus Excel Stok Barang Untuk Bisnis, Berikut Caranya!

Manajemen stok barang berguna agar bisnis dapat dijalankan sesuai permintaan pasar. Maka dari itu rumus Excel stok barang diperlukan agar meminimalisir kerugian dan barang dengan baik. Tidak heran rumus Excel ini berguna dalam melakukan perhitungan barang dan mengoptimalkan stok barang agar lebih efisien.

Maka dari itu, manajemen stok barang bisa dilakukan dengan Excel menggunakan rumus. Dengan rumus tersebut, setiap barang bisa dikelola dan dihitung stok barangnya agar gudang lebih mudah menemukan barang yang sesuai.


Rumus Excel Stok Barang untuk Bisnis

Rumus menghitung stok barang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Maka ada beberapa rekomendasi rumus yang berguna dalam menghitung stok barang, berikut diantaranya:

1. SUMIF
SUMIF berguna dalam menghitung stok barang dengan simpel. Hal ini karena jumlah sel yang ada pada rumus SUMIF memungkinkan anda menghitung jumlah barang. Pada manajemen stok barang, anda dapat menggunakan rumus ini untuk menghitung ketersediaan jumlah barang seperti nama dan lokasi penyimpanannya.

Rumus ini juga dapat dikombinasikan menggunakan rumus lainnya seperti VLOOKUP dan IF. Ini membuat manajemen laporan barang lebih efektif dan lengkap. Sehingga anda perlu menggunakan rumus Excel ini secara tepat agar meningkatkan profit dan produktivitas bisnis secara berkala.

2. AVERAGE
Rumus Excel stok barang average berguna dalam menghitung rata-rata angka. Anda bisa menggunakan rumus ini dalam menghitung rata-rata stok barang dalam gudang yang tersedia pada periode tertentu.

Jika ingin mengetahui rata-rata stok barang dalam waktu tertentu, maka menggunakan rumus average bisa digunakan untuk menghitung jumlah barang dalam waktu tertentu dan membaginya dalam jumlah tahun maupun bulan.

Rumus ini biasanya berguna dalam mengetahui rata-rata barang yang tersimpan dalam gudang. Hal ini penting dalam membuat perkiraan manajemen barang yang akurat. Di sisi lain, nilai rata-rata ini berguna dalam acuan untuk menentukan apakah stok barang mencukupi atau tidak. Maka dari itu rumus ini berguna dalam membantu anda memanajemen barang dengan baik.

3. IF
Kemudian, ada rumus IF ini berguna dalam memuat perhitungan stok barang dalam kondisi tertentu. Maka, siapkan tabel pada Excel yang memuat kolom tentang nama barang hingga informasi lain yang berguna dalam menghitung stok barang. Kemudian tentukan batas minimum stok yang diinginkan.

Rumus ini berguna untuk menghitung stok barang dalam kondisi tertentu sehingga menampilkan status tersedia atau habis. Di sisi lain, anda juga bisa mengatur kondisi yang sesuai dengan kebutuhan dalam menampilkan pesan maupun tindakan. Hal ini juga tergantung pada kondisi stok barang.

4. MAX dan MIN
Max dan Min digunakan dalam mengatur stok barang karena memiliki nilai yang mengindikasikan batas (MAX) dan batas bawah (MIN) dari stok barang tertentu. Maka cara ini penting digunakan dalam perhitungan rumus Excel stok barang agar barang tersebut bisa terpantau dan memastikan bahwa persediaannya tidak terlalu sedikit maupun terlalu banyak.

Jika perusahaan memiliki batas barang maksimal, maka perusahan bisa menunda pembelian barang hingga stok turun dan mencapai minimal. Rumus ini menghindari kerugian perusahaan akibat barang yang terlalu banyak dan mengurangi risiko kerusakan barang, maka dari itu barang perlu disesuaikan kondisi nya sampai minimal.

Setelah kondisi minimal, perusahan dapat mengatur barang dan membelinya hingga batas maksimal. Karena itu rumus MAX dan MIN berguna untuk meminimalkan biaya penyimpanan dan meminimalisir resiko kerusakan barang. Dengan adanya rumus, anda dapat mengoptimalkan stok barang yang tersedia.

Maka dari itu, rumus Excel stok barang merupakan hal penting bagi perusahaan untuk menghitung pengelolaan barang dan meminimalisir risiko kerugian membengkak. Tidak heran Excel banyak digunakan karena tampilannya yang mudah dan rumusnya bisa digunakan dalam menghitung barang.

Post a Comment for "Optimalkan Rumus Excel Stok Barang Untuk Bisnis, Berikut Caranya!"