Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Fotocopy KTP Bolak Balik dengan Kyocera M2040dn / M2540dn

Pada postingan ini saya akan membahas bagaimana cara fotocopy KTP bolak balik menggunakan mesin fotocopy Kyocera M2040dn, Kyocera M2540dn atau mesin fotocopy sejenisnya yang mungkin hampir sama. Sebetulnya cara ini cukup mudah namun bagi pengguna baru tentu akan merasa sulit.

Hasil fotocopy bolak balik KTP
Hasil fotocopy bolak balik KTP

Untuk fotocopy KTP bolak balik, kita perlu mengatur beberapa fungsi, mulai dari pengaturan ukuran kertas original yang digunakan (Original Size), ukuran kertas hasil cetakan (Paper Selection), pengaturan bolak balik (Duplex), dan berapa buah banyak KTP yang dimuat dalam 1 lembar (Combine).

Hmm.. cukup banyak juga ya pengaturannya. Tenang saja, kalian tidak perlu melakukan itu setiap kali fotocopy KTP karena pengaturan bisa disimpan pada memori fotocopy. Jadi jika mau fotocopy KTP lagi cukup menekan 1 tombol saja untuk memanggil program (pengaturan) yang tersimpan tadi.

Lebih jelasnya berikut dibawah ini langkah-langkah cara fotocopy KTP bolak balik dengan mesin fotocopy Kyocera M2040dn, M2540dn dan langsung menyimpan programnya.

Fotocopy KTP 4 Rangkap Bolak Balik

1. Setting program dengan menekan tombol Function Menu;
  • Paper Selection : A4 Plain
  • Duplex : 1-sided >2-sided
  • Zoom : 100%
  • Combine : 4 in 1
  • Original Size : A6
2. Letakkan KTP ditengah-tengah pada garis A6.

Posisi fotocopy KTP bolak balik
Posisi fotocopy KTP bolak balik

3. Mulai tekan tombol START sebanyak 4 kali.

4. Kemudian balik KTP pada posisi yang sama, dan tekan START sebanyak 4 kali lagi.

5. Terakhir tekan End Scan. Mesin fotocopy akan memproses penggandaan KTP sebanyak 4 rangkap bolak balik.

Perlu diketahui bahwa Fotocopy KTP pada mesin Kyocera ini hanya bisa memuat 4 KTP bolak balik dalam 1 lembar atau 2 KTP bolak balik dalam 1 lembar. Untuk memuat 2 KTP bolak balik dalam 1 lembar cukup mengganti pengaturan Combine menjadi 2 in 1 pada program diatas.

Lalu bagaimana cara fotocopy KTP lebih dari 4 rangkap? kalian bisa memperbanyak rangkap pada lembarnya. Misal mau fotocopy 8 rangkap KTP. Buat program seperti diatas. Lalu tekan 2 rangkap. Maka hasilnya akan keluar 2 lembar kertas yang masing-masingnya termuat 4 buah KTP bolak balik.

Cara Menyimpan Program
1. Buat program seperti di atas, lalu tekan dan tahan tombol I pada Program.
2. Jika muncul konfirmasi, pilih Overwrite.
3. Program telah tersimpan.

Kalian bisa memanggil program tersebut setiap kali fotocopy KTP. Caranya tekan tombol I pada Program dan mulai copy KTP seperti biasa.

Begitulah teman-teman cara fotocopy KTP bolak balik. Pada artikel selanjutnya juga akan dibahas cara fotocopy bolak balik pada dokumen ukuran A4 atau folio.

Post a Comment for "Cara Fotocopy KTP Bolak Balik dengan Kyocera M2040dn / M2540dn"