Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Memperbaiki File Word yang Corrupt Ampuh

Ada kalanya ketika Anda mau membuka sebuah file word, terjadi suatu masalah yaitu file word tersebut corrupt dan tidak dapat dibuka. Tentu hal ini menjadi sesuatu yang menjengkelkan apalagi bila file tersebut adalah tugas sekolah atau pekerjaan kantor. Karena itulah cara memperbaiki file word yang corrupt ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi permasalahan file word yang corrupt.

Ilustrasi : cara memperbaiki file word yang corrupt atau rusak

Cara Memperbaiki File Word yang Corrupt dengan Mudah 

Pasti menjengkelkan apabila ingin membuka file word namun terjadi kesalahan seperti corrupt. Namun jangan risau Ini dia cara mengubah file pdf ke word agar bisa diedit yang bisa Anda coba lakukan secara mandiri:

1. Menggunakan Mode Draft 

Mode draf ini merupakan salah satu metode yang cukup canggih dan tentunya mudah untuk dilakukan. Dengan melakukan sedikit perubahan kecil di Word, Anda bisa memanfaatkannya untuk memperbaiki file word yang corrupt ini.

Untuk langkah - langkahnya adalah jalankan Microsoft Word di PC Anda dan masuk ke Options dari menu File. Untuk beberapa versi Word, opsi ini juga dapat diakses dengan masuk ke File > Tools. 

Setelah itu masuk ke “Advanced” disini Anda akan melihat beberapa opsi yang berbeda. Setelah itu, masuk ke kategori "Show Document Content". nantinya, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur "Show Picture Shareholders" dan “Use draft font in Draft and Outline views”.

Setelah Anda melakukan perubahan tadi, masuk ke toolbar dan pilih opsi "Draft" pada bagian bawah Document Viewer. Dengan begitu Anda hanya perlu memuat file word yang rusak atau corrupt dan membukanya dengan mode Draft agar bisa mengaksesnya.

2. Menggunakan Fitur Bawaan Open and Repair 

Ada kalanya suatu file bisa rusak sedemikian rupa oleh karena itu Microsoft Word, dan Excel, atau PowerPoint pun tidak bisa membukanya dengan normal. Walaupun begitu, berkas Anda tidak semuanya hilang. Nah, dengan memanfaatkan Fitur Open dan Repair tentunya dapat dengan mudah memulihkan file Anda dengan cara di bawah ini: 
  • Langkah pertama silahkan masuk ke aplikasi Microsoft Word di PC atau laptop Anda;
  • Kemudian pada bagian menu “File” yang ada di sisi kiri atas, pilih opsi “Open”;
  • Pada kotak dialog, klik file Microsoft Word yang mau Anda perbaiki;
  • Apabila sudah memilih file, jangan langsung membukanya. Di sebelah menu “Open” ada tanda panah ke bawah.Silahkan diklik, dan klik lagi opsi “Open and Repair”; 
  • Selesai.

3. Install Ulang 

cara memperbaiki file word yang corrupt yang terakhir adalah dengan melakukan install ulang program Microsoft Office yang komputer Anda pakai. Unduh versi Microsoft Office yang paling terkini dan pastikan bisa dijalankan dan sesuai dengan versi Windows yang ada di laptop atau PC Anda pakai.

Untuk menghapus program, Anda dapat mengikuti cara - cara di bawah ini.
  • Klik Start » dan ikon Settings.
  • Lalu, klik Apps » Apps & Features.
  • Setelah itu pilih program Microsoft Office, dan klik Uninstall.
  • Selanjutnya konfirmasi dengan Uninstall dan ikuti petunjuk Uninstall program sampai loading selesai.
  • Berhasil terhapus.
Sesudah Anda menghapus program, Anda dapat menghapus semua file yang tidak dibutuhkan seperti file sampah, cache, registry, log, dan lainnya. sesudah itu, restart komputer dan cobalah untuk menginstall lagi program Microsoft Office Anda.

Itulah pembahasan mengenai cara memperbaiki file word yang corrupt yang bisa Anda gunakan untuk dapat kembali membuka file word yang mau Anda buka. Selamat mencoba.

Post a Comment for "3 Cara Memperbaiki File Word yang Corrupt Ampuh"