Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Link yang sudah Tidak Aktif / Broken Link di Blog

Pada postingan kali ini admin akan membahas tentang broken link atau link yang sudah tidak aktif dalam sebuah blog, serta cara menemukan semua link yang tidak aktif dalam blog atau website, dan memperbaikinya.

Broken link atau disebut juga sebagai url mati, link mati, atau dead link bisa berdampak buruk terhadap performa blog atau website dimata search engine seperti Google, Bing, dan Yandex. Selain itu, keepercayaan pengunjung juga akan berkurang karena link yang ada dalam artikel itu tidak berfungsi dan terjadi error 404.

Berdasarkan dampak yang ditimbulkan oleh broken link, tentu kita tidak hanya diam. Kita perlu melakukan sesuatu agar link mati bisa dihapus atau diperbaiki.

Untuk mengetahui link yang sudah tidak aktif, tidak harus membalik halaman satu-persatu karena itu hanya akan membuang-membuang waktu.

Cara mudahnya kita cukup scan url utama blog menggunakan tool Brokenlinkcheck. Setelah scan selesai akan ditampilkan semua link mati dan deskripsi link. Lebih jelasnya ikuti tutorial berikut.

Berikut Cara Mengetahui Link yang sudah Tidak Aktif / Broken Link di Blog

1. Kunjungi situs Brokenlinkcheck.com
2. Masukkan URL utama blog anda pada kolom yang tersedia, dan tekan Find broken links.


3. Masukan Security code, kemudian di bawahnya klik Fine broken links now!


4. Pencarian broken link akan diproses. Satu-persatu broken link akan ditampilkan.


- Broken link : daftar link yang sudah tidak aktif.
- Link Text : text yang dibuat sebelum menyisipkan link.
- Page where found : halaman tempat broken link berada.
- Server response : keterangan yang muncul saat link diklik pengunjung.

Untuk menghapus atau memperbaiki link yang sudah tidak berfungsi, klik url (yang ditunjuk panah merah) anda akan diarahkan ke halaman tempat link mati berada. Kalau sudah mengetahui halamannya, tentu tinggal diperbaiki melalui halaman blogger.

Bermacam-macan broken link yang ditemukan diantaranya: link dari blog/website lain yang sudah tidak ada, link dari halaman lain blog itu sendiri, link yang ada dalam komentar, dan link lainnya. Semua dapat diperbaiki dengan menggunakan tools diatas.

Post a Comment for "Cara Mengetahui Link yang sudah Tidak Aktif / Broken Link di Blog"