Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Mengenalkan Komputer pada Anak Usia Dini

Para orangtua pasti menginginkan kelak dapat melihat kesuksesan anak-anaknya. Pertimbangan yang harus orangtua ketahui adalah mendidik anak agar dapat menjadi generasi penerus yang produktif di masa yang akan datang. Melihat perekonomian yang selalu tidak stabil dan  lapangan pekerjaan yang sedikit, itu tidak akan jadi persoalan jika para orangtua sudah lebih gesit  membentuk karakteristik yang baik untuk anak serta memberikan pendidikan formal ataupun nonformal kepada anak.


Usia dini merupakan usia dimana anak ingin mengetahui seluruh dunianya. Berdasarkan penelitian sekitar 50 % kecerdasan orang dewasa terbentuk mulai dari berumur 4 tahun. Maka bagi anda para orangtua mulailah mencoba untuk selalu memperhatikan kebutuhan tumbuh kembang anak untuk membangun kecerdasannya. Banyak cara yang dapat membentuk kecerdasan seorang anak, diikuti dengan pesatnya perkembangan tekhnologi yang canggih, para orangtua tidak perlu khawatir.

Salah satu tekhnologi yang sudah kita kenal  adalah komputer. Komputer  yaitu serangkaian / kelompok mesin elektronik terdiri dari ribuan atau bahkan jutaan komponen yang dapat saling bekerjasama, serta membentuk sebuah system kerja yang rapi dan teliti.


Secara umum komputer berfungsi untuk mempermudah pekerjaan, sebagai sarana komunikasi, alat hiburan, sarana informasi, sarana pendidikan dan lain sebagainya. Melihat banyaknya fungsi dan kegunaan komputer secara umum, para orangtua tidak perlu lagi ragu untuk memperkenalkannya pada anak usia dini. Adapun fungsi komputer bagi anak di usia dini adalah sebagai berikut :
  • Komputer mampu melatih logika pada anak
  • Pada saat anak bermain games dan memikirkan target untuk dapat memenangkan permainan di didalam  games tersebut, saat itulah logika anak dilatih
  • Komputer dapat melatih anak untuk membaca
  • Awal dari computer dinyalakan, computer sudah menampilkan bebagai macam tulisan-tulisan, rasa ingin tahu anak pada tulisan tulisan yang muncul di layar computer membantu anak untuk mengenali satu persatu abjad dari tulisan tersebut
  • Komputer dapat menstimulasi kreativitas dan imajinasi anak
  • Program paint salah satunya, dimana anak dapat melukis apa yang dipirkanya, misalnya menggambar sebuah pohon disebelah rumah ataupun meletakkan pagar rumah .Itu merupakan salah satu wujud kreativitas dan imajinasi mereka
  • Komputer mampu meningkatkan kepribadian anak
  • Program komputer mampu melatih kemandirian dan kepercayaan diri anak tanpa harus memikirkan salah atau benar apa yang mereka kerjakan.

Itulah beberapa poin penting yang mengajak kita para orangtua untuk mengenalkan tekhnologi computer kepada anak-anak kita. Selain kita mengajarkan teknologi komputer tersebut , para orangtua juga harus selalu mengawasi anak-anak kita . Agar tidak membuka situs-situs di computer yang berbahaya, anda juga harus mengatur jadwal untuk bermain komputer , waktu makan dan istrahat anak.

Post a Comment for "Manfaat Mengenalkan Komputer pada Anak Usia Dini"