Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Daftar Isi di Blog Berdasarkan Abjad

Daftar isi adalah kumpulan judul-judul dari semua artikel yang ada di blog dimana dengan mudah kita bisa menemukan artikel yang akan kita cari hanya dengan melihat judul-judul dari artikel tersebut tanpa harus melihatnya satu per satu di homepage.

Daftar isi akan mengumpulkan judul-judul artikel berdasarkan label pada blog. Susunan artikel yang berurutan juga memudahkan pengunjung untuk menemukan artikel yang dicarinya susunan berurutan berdasarkan abjad dimulai dari abjad A - Z. Selain itu pada artikel terbaru akan diberi keterangan "Newseperti contoh dibawah ini.

Contoh Daftar Isi Blog

Pada contoh di atas saya mengambil label "Adsense" sehingga semua judul artikel yang masuk ke kategori "Adsense" baik yang lama maupun yang baru secara otomatis akan tercantum pada daftar isi tanpa harus memasukamnya satu-persatu.

Daftar isi dibuat melalui laman, dan linknya disisipkan pada menu navigasi. Jadi, ketika ada pengunjung yang klik menu navigasi seperti "Daftar Isi" maka akan dihantarkan langsung ke daftar isi seperti diatas yang dikelompokan berdasarkan label. Baiklah perhatikan langkah-langkah dibawah ini untuk mencobanya.

Langkah-langkah Membuat Daftar Isi di Blog
1. Login ke blog seperti biasa.
2. Pada menu blog klik Laman.
3. Buat halaman dengan klik Laman baru.
4. Setelah halaman baru terbuka beri judul "Daftar Isi".
6. Kemudian klik "HTML" disamping kata Compose.
5. Salin kode dibawah ini ke halaman HTML tersebut.
<script src="https://sites.google.com/site/script4shared/sitemap.js"></script><script src="http://gifidia.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

Note: Ganti URL warna merah dengan URL blog sobat.

Kira-kira seperti jika sudah selesai.


7. Terakhir klik Publikasikan.

Sampai disitu anda telah berhasil membuat daftar isi pada blog yang ditempatkan di menu navigasi atau menu header. Kalau sudah berhasil berarti saat pengunjung klik menu daftar isi maka ia akan segera dihantarkan langsung ke daftar isi.

Baca juga disini alternative jika daftar isi diatas tidak berfungsi:
Cara Membuat Daftar Isi (Sitemap) di Blog

Sekian tutorial cara membuat daftar isi di Blog (Blogspot) dengan mudah berdasarkan label dan abjad. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membuat Daftar Isi di Blog Berdasarkan Abjad"