Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftarkan Blog ke Alexa Sekaligus Verifikasi / Claim

Semenjak bulan Maret 2015 ada sedikit perubahan pada situs alexa terutama pada tampilan dan uga cara verifikasinya / claim. Bahkan saya sendiripun juga sempat bingung pada waktu bagaimana cara mendaftarkan blog baru saya ke alexa. Setelah cari tahu akhirnya saya menemukan cara daftar dan claim blog di alexa, ternyata cukup mudah. Baiklah dibawah ini nanti akan saya akan jelaskan cara daftar dan claim blog pada situs alexa, tapi sebelumnya kita bahas dulu apa itu alexa.

Alexa adalah sebuah situs yang menyediakan informasi tentang traffic suatu blog atau website. Pada situs ini kita dapat melihat peringkat dari suatu blog yang telah didaftarkan. Blog yang tidak didaftarkan ke Alexa tidak akan pernah tahu berapa peringkatnya. Jadi, jika kita ingin tahu berapa peringkat dari blog perlu mendaftarkanya ke Alexa. Berikut cara daftar dan claim blog di Alexa.

Cara Mendaftarkan Blog ke Alexa
  1. Untuk mendaftar silahkan masuk dulu ke situs http://www.alexa.com/register?resource= 
  2. Masukan email anda dan tekan Create.

  3. Setelah itu login ke email dan lihat inbox. Ada pesan dari alexa, klik link sesudah kata "To complete your registration  please visit" untuk melengkapi pendaftaran.
  4. Selanjutnya buat pasword baru untuk login ke Alexa nantinya dan tekan Submit Password.
  5. Maka anda telah langsung login ke Alexa. Sekarang tinggalkan claim blog.
Cara Claim Blog di Alexa
  1. Karena tadi telah login, sekarang langsung saja claim blog anda pada http://www.alexa.com/siteowners/claim
  2. Masukan URL blog anda pada kolom tersedia, lalu klik Continue.

  3. Maka akan ada tiga Method yaitu Method 1, Method 2 dan Method 3. Pilih saja Method 2 karena ini yang lebih mudah dibandingkan yang lainya.
  4. Nah, disini anda akan mendapatkan sebuah code verifikasi. 
  5. Tapi sebelumnya, pergi dulu ke blog anda -> edit HTML. Copy kode diatas letakkan dibawah kode <head> dan Simpan Template.
  6. Sekarang kembali ke halaman Alexa tadi. Klik Verify my ID.

  7. Verifikasi sukses sebagaimana yang tertulis dibawahnya "Your site is successfully claimed ".
Sekarang blog anda telah terverifikasi dan mungkin anda belum bisa melihat peringkat blog yang baru didaftarkan. Karena alexa butuh waktu untuk memprosesnya. Rajin-rajin aja update blog dan usahakan bagaimana supaya banyak pengunjung pada blog. Maka dengan begitu peringkat alexa akan cepat muncul dan selanjutnya angkanya akan turun secara berkala.

Post a Comment for "Cara Daftarkan Blog ke Alexa Sekaligus Verifikasi / Claim"