Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftarkan Blog ke DMCA Melindungi Hak Cipta Sebuah Blog

Tutorial cara daftar DMCA - DMCA singkatan dari "Digital Millenium Copyright Act" yang maksudnya adalah sebuah situs yang berfungsi untuk mencegah pencurian konten sebuah blog atau website.

Jadi, jika ada orang lain seenaknya melakukan copy paste terhadap isi blog kita maka dengan mudah kita bisa melaporkannya ke DMCA agar artikel pada blog tersebut dihapus. Dan memungkinkan juga blognya akan terhapus kalau pelanggaran sudah terlalu berat.

Sobat tahu kan copas itu berbahaya bagi blog baik blog sendiri maupun blog yang dicopas. Bisa-bisa pada akhirnya blog kena banned. Semoga saja tidak terjadi hal demikian, kita semua berharap agar semua blog tetap berjaya selamanya dengan artikel orisinil yang dimiliki. So, ayo daftarkan blog anda ke DMCA agar tidak di copas orang lain. Simak langkah - langkahnya dibawah ini untuk memulainya.

Cara Daftarkan Blog ke DMCA Melindungi Hak Cipta Sebuah Blog

1. Buka situs DMCA berikut linknya: http://www.dmca.com/ 
2. Klik SIGNUP pada bagian kanan atas. Dan pilih Get a FREE Badge.
3. Pilih salah satu Badge (lambang) yang diinginkan. Badge ini nanti untuk dipasang di blog.
4. Lalu isi formulir "Register Your Badge".
- First Name = nama depan
- Last Name = nama belakang
- Email Address = isikan email sobat, nanti digunakan untuk mengambil password yang dikirim oleh DMCA.
5. Setelah itu klik SIGNUP.
6. Pilih kembali Badge yang diinginkan dan copy script yang ada di sebelahnya.


7. Sekarang blog sobat dan masuk ke Tata Letak - Tambahkan Gadget - Paste Script tadi dan Save.

Selesai, sekarang blog sobat sudah terdaftar ke DMCA. Tunggu sampai blog sobat diroteksi oleh DMCA. Untuk menambahkan blog lain, tinggal login ke DMCA. Lihat password di email sobat. Setelah berhasil login klik Add Badges to your site untuk menambahkan blog lain. Lakukan langkah 6 dan 7 kembali.


Untuk melihat status proteksi sudah aktif atau belumnya bisa klik badge atau lambang "DMCA PROTECTED" pada blog sobat. Lalu jika ada tulisan seperti "Account Status = Non-Verified" menandakan kita pengguna free jadi tidak ada masalah karena blog masih tetap terproteksi seperti biasanya. Hanya saja kita tidak bisa mendapatkan fitur lainya, beda dengan yang berbayar. DMCA adalah hanya untuk memproteksi jadi jika suatu saat anda menemukan konten anda diambil orang lain maka dengan mudah bisa melaporkannya ke DMCA.

Kesal bukan apabila blog kita di copy paste oleh orang lain seakan-akan itu adalah karyanya. Padahal kita telah bersusah payah mengeluarkan ide dan pemikiran untuk membuat sebuah konten. Walaupun konten tersebut semua tidak hasil pemikiran kita tapi itu dibuat dengan tangan sendiri dan juga bahasa sendiri. Untuk itu perlu mencegah blog dari perbuatan orang yang suka copy paste.

Ok! saya rasa cukupkan itu dulu tutorial tentang Cara Mendaftarkan Blog ke DMCA atau Hak Cipta Sebuah Blog terbaru 2020. Semoga blog kita semua aman dari blogger yang sukanya copy paste.

2 comments for "Cara Daftarkan Blog ke DMCA Melindungi Hak Cipta Sebuah Blog"