Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Section di Microsoft Word

Bila ingin membuat penomoran halaman berbeda, atau membuat beberapa halaman menjadi landscape dan potrait dalam satu dokumen, perlu menggunakan section yang berbeda.
 
Section yang berbeda akan berpengaruh pada saat ingin mencetak dokumen pada halaman tertentu. Sehingga perlu mengetahui nomor section sebelum mencetak dokumen. Bila tidak maka halaman yang dicetak tidak akan sesuai dengan permintaan. Misal ingin mencetak halaman nomor 2 yang berada pada section 3. Kalau dicetak tanpa memasukan nomor section maka semua halaman nomor 2 pada semua section akan ikut tercetak. Kesalahan ini tentu akan membuat kertas terbuang sia-sia. Cape dech!

Nah sekarang sebelum mencetak dokumen silahkan ketahui dulu nomor sectionnya. Nomor section dapat dilihat pada status bar halaman microsoft word terletak di bagian kiri bawah jendela aplikasi.
 

Bila section tidak muncul pada halaman microsoft word anda, anda dapat menampilkannya dengan cara berikut:

1. Klik kanan pada area status bar.
2. Pilih Section.

Sekarang section telah muncul pada bagian kiri bawah jendela aplikasi anda. Untuk mengetahui nomor section klik halaman yang akan dicetak. Anda akan melihat nomor sectionnya.
 
Setelah section diketahui anda dapat memasukan nomor section ke format print "page" seperti p2s3. P2s3 adalah singkatan dari page 2 section 3 yang artinya mencetak halaman nomor 2 pada section 3.

Selain menampilkan section anda juga bisa menampilkan berbagai informasi lainnya yang dibutuhkan seperti Formatted Page Number,Vertical Page Position, Line Number, Column, dll.

Post a Comment for "Cara Mengetahui Section di Microsoft Word"